Perbedaan dan Keunggulan Oli MPX dan SPX AHM Oil

Perbedaan dan Keunggulan Oli MPX dan SPX AHM Oil

KEPOINDONESIA.id - Bagi pemilik motor Honda pasti sudah tidak asing lagi dengan oli SPX dan MPX. Kedua merek oli tersebut sangat sering ditemui di bengkel kecil hingga bengkel besar.Intinya kedua oli tadi pesaing dari oli Yamalube.

Yamalube adalah oli khusus yang di peruntukan untuk sepeda motor Yamaha mulai dari yang bebek, matik, hingga yang tipe sport. Tentu saja banyak pilihan oli Yamalube dan bisa di sesuaikan dengan jenis kendaraan dan kegunaannya.

MPX dan SPX adalah oli andalan Astra Honda Motor yang sangat mudah ditemui. Kalian bisa dengan mudah menemukan oli ini di bengkel-bengkel kecil pinggir jalan. Jika di bengkel kecil kurang lengkap, kalian bisa datang ke AHASS untuk mencari oli MPX dan SPX yang sesuai dengan keinginan kalian.

Yang menjadi pertanyaan ialah apa perbedaan antara oli MPX dan oli SPX? MPX memiliki 3 varian yaitu MPX 1, MPX 2, DAN MPX 3. Sedangkan SPX memiliki 2 varian yakni SPX 1 dan SPX 2.

Supaya kalian tau perbedaan antara SPX dan MPX serta arti dari angka 1, 2, dan 3 di masing-masing varian SPX dan MPX kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai oli SPX dan oli MPX dari AHM Oil.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan dan ulasannya kalian bisa baca beberapa artikel tentang otomotif yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti tips mengatasi Helm yang sempit dan kekecilan serta apa yang dimaksud dengan Sunmori di hari minggu.

SPX AHM Oil


SPX sendiri merupakan singkatan dari Superior Protextion Expert dengan botol berwarna Orange. Oli SPX merupakan oli full sintetis (Full Synthetic) yang berasal dari minyak bumi yang di seleksi kembali.

Karakter oli sintetis yaitu tidak mudah menguap serta memiliki molekul yang merata sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal saat suhu mesin sudah tinggi. Tidak hanya SPX, oli sintetis rata-rata memiliki harga yang lebih mahal.

Ada 2 varian oli SPX yaitu SPX1 DAN SPX2. Kode 1 diperuntukan untuk motor tipe kopling basah seperti motor bebek dan sport. Sedangkan kode 2 diperuntukan untuk tipe kopling kering seperti motor matik.


MPX AHM Oil


Yang berikutnya yaitu oli MPX. MPX atau Maximum Protection Expert merupakan oli mineral yang merupakan oli hasil proses minyak bumi yang menjadi bahan standar pembuatan sebuah oli. Tidak seperti SPX, botol MPX berwarna putih dan mudah ditemukan di bengkel kecil.

Oli MPX sama seperti oli non sintetis lainnya jadi tidak ada penjelasan khusus tentang oli ini. Karena harganya yang murah, oli MPX paling sering digunakan sebagai oli utama yang ada di bengkel bengkel sebagai pendamping oli Yamalube.

Berbeda dari SPX, MPX memiliki 3 varian. MPX1 dengan kode 1 diperuntukan untuk motor bertransmisi manual pada umumnya baik sport atau bebek. MPX2 dengan kode 2 untuk transmisi otomatis seperti matik sedangkan MPX3 dengan kode 3 sama seperti MPX1 tetapi khusus untuk motor keluaran lama.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai perbedaan oli SPX dan MPX. Selain itu saya juga sudah menjelaskan masing-masing varian di peruntukan untuk motor apa saja. Yang jelas gunakan oli sesuai dengan sepeda motor yang kalian miliki.

Tidak perlu mahal, yang penting sesuai dulu supaya mesin motor kalian tidak rusak. Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang MPX AHM Oil dan SPX AHM Oil, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian tentang oli dari AHM.

Ingin servis injeksi tapi takut biayanya mahal? jika kalian butuh informasi tentang biaya servis injeksi kalian bisa baca artikel tentang biaya servis injeksi di bengkel resmi. Biayanya tidak akan mahal jika servis saja.


EmoticonEmoticon