Pengertian NSP dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Pengertian NSP dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

KEPOINDONESIA.id - Munculnya lagu atau musik saat sedang menghubungi seseorang lewat panggilan telepon sangat sering kita temui beberapa tahun yang lalu. Tentu saja tidak semua orang yang kita hubungi lewat telepon akan muncul lagu ataupun musik.

Munculnya lagu dan musik karena pengguna yang kalian hubungi mengaktifkan fitur NSP. NSP sangat populer 10 tahun silam dan kini saya rasa sudah jarang yang menggunakannya. Yang menjadi pertanyaan ialah apa itu NSP?

Untuk tau tentang NSP kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Singkatnya fitur atau fasilitas NSP harus di aktifkan terlebih dahulu jika kalian ingin mencobanya. Karena menggunakan biaya seperti pulsa maka NSP sudah jarang digunakan.

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang NPS dan bagaimana cara mengaktifkannya kalian bisa baca beberapa artikel yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa itu Ringtone dan Nada Dering serta solusi mengatasi HP sering berbunyi sendiri.

Nada Sambung Pribadi atau NSP adalah suara yang di dengar berupa musik atau lagu saat sebelum panggilan dijawab oleh penerima dan setelah panggilan selesai. Secara umum operator di Indonesia menggunakan dana sambung bip sebelum dan setelah menelpon.

Misalnya kalian ingin mengganti suara bip atau tut kalian bisa mengaktifkan NSP atau RBT (Ring Back Tone). Tidak semua lagu dan musik bisa kalian gunakan sebagai NSP atau RBT, hanya musik dan lagu yang telah disediakan oleh masing-masing operator.

Untuk cara mengaktifkan RBT atau NSP kalian bisa melihat atau mengeceknya pada masing-masing operator seluler di Indonesia. Karena kode RBT dan nomor registrasi biasanya berbeda-beda.

Sebagai contoh Telkomsel, Telkomsel masing setia memunculkan iklan NSP yang bisa digunakan oleh pengguna. Ada banyak pilihan artis dan lagu yang bisa kalian pilih. Tentu saja layanan ini tidak gratis dan wajib berlangganan.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai NSP atau RBT. Layanan yang sangat populer 10 tahun yang lalu dan sering digunakan oleh para orang tua pada masanya. Jika kalian ingin bernostalgia kalian bisa mencoba layanan ini.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini jika kalian pengguna HP Samsung kalian bisa baca solusi tombol home di Samsung tidak berfungsi. Karena perangkat Samsung keluaran terdahulu masih menggunakan tombol home fisik yang rawan rusak.


EmoticonEmoticon