Pengertian Water Resistant, ATM, dan BAR Pada Jam Tangan

Pengertian Water Resistant, ATM, dan BAR Pada Jam Tangan

KEPOINDONESIA.id - Menjadi aksesoris yang hampir bisa digunakan di kondisi apapun, jam tangan harus memiliki sertifikasi Water Resistant. Kenapa sebuah jam tangan harus memiliki sertifikasi tersebut, apakah penting untuk sebuah jam tangan?

Tentu saja penting, selain mencegah jam tangan cepat rusak dengan adanya sertifikasi Water Resistant menjadikan jam tangan bisa digunakan di kondisi apapun. Sebagai contoh saat kehujanan atau saat berwudhu kalian tidak usah melepas jam tangan yang kalian gunakan.

Selain Water Resistant, jam tangan juga memiliki ketahanan yang sering disebut ATM. Sebagai contoh jam tangan merk A bisa digunakan di dalam air sampai 3 ATM. Lalu bagaimana dengan BAR?

Hampir sama seperti ATM, hanya saja BAR memiliki nilai yang sedikit lebih banyak dari pada ATM. Untuk tau lebih jelas mengenai Water Resistant, ATM, dan BAR di jam tangan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Time Frame serta tips menghemat baterai Jam Dinding.

Water Resistant


Water Resistant adalah sertifikasi tahan air yang sudah biasa ada di sebuah jam tangan. Peru diingat, tahan air berbeda dengan anti air atau Waterproof. Seperti namanya yaitu tahan, berarti tetap memiliki batasan.

ATM (Atmosphere Prasure)


Sedangkan ATM singkatan dari Atmosphere Prasure yang memiliki arti tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam tangan itu sendiri. Sebagai contoh 3 ATM = 30 meter, alias hanya tahan terhadap percikan air.

BAR


BAR Merupakan satuan tekanan. 1 BAR berapa ATM? 1 ATM = 1,01325 BAR atau setara dengan 10 Meter. Tidak ada selisih yang cukup jauh antara BAR dan ATM, oleh karena itu satuan ATM lebih sering digunakan.

Detail Lengkap BAR dan ATM


3 ATM = 30 Meter / 3 BAR : Tahan percikan air

5 ATM = 50 Meter / 5 BAR: Dapat digunakan untuk berenang di kolam yang dangkal

10 ATM = 100 Meter / 10 BAR:Dapat digunakan untuk berenang di kolam yang lebih dalam

20 ATM = 200 Meter / 20 BAR: Dapat digunakan untuk diving

100 ATM = 1000 Meter / 100 BAR: Dapat digunakan oleh kegiatan profesional

Jadi itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Water Resistant, BAR, dan ATM yang ada di jam tangan. Semakin tinggi rating ATM nya harga jam juga semakin mahal. Oleh karena itu belilah sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Sebelum saya akhiri kalian perlu baca artikel tentang Half Past dan Quarter Past. Itu adalah materi bahasa Inggris Sekolah Dasar, akan tetapi kalian perlu mengetahuinya dan jangan sampai lupa.


EmoticonEmoticon