Mengulas SMS Yang Terpotong dan Sebagian Teks Hilang

Mengulas SMS Yang Terpotong dan Sebagian Teks Hilang

KEPOINDONESIA.id - Sebagian teks hilang mungkin sering kalian temui beberapa tahun yang lalu saat menerima SMS dari seseorang. Saya sendiri pernah mengalaminya dan cukup jengkel karena sebagian teks lainnya yang terpotong tidak kunjung masuk.

Seperti yang kalian ketahui, tulisan Sebagian Teks Hilang muncul karena SMS terpotong menjadi beberapa SMS. Saya sendiri tidak tau apa dari operator atau dari HP yang digunakan. Akan tetapi jika terjadi di HP jadul kemungkinan karena HP nya.

Tidak hanya di HP jadul seperti Feature Phone atau HP Candybar, beberapa tipe smartphone Android juga menerapkan sistem ini. Hanya saja tidak ada tulisan sebagian teks hilang seperti yang ada di HP jadul.

SMS yang terpotong hanya berupa titik titik (...) yang nantinya akan diteruskan di SMS berikutnya. Yang menjadi pertanyaan kenapa hal itu bisa terjadi? supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan u/ dan o/ serta perbedaan jaringan GPRS, EDGE, dan GSM. Jika penasaran langsung saja kalian simak penjelasannya berikut ini.

Dari info yang saya dapatkan ternyata sebuah format untuk pesan GSM terdiri dari 160 karakter saja. Walaupun di beberapa tipe HP jaman dulu tertulis bahwa kita bisa menulis hingga 1.000 bahkan 10.000 karakter.

Berbeda dengan HP tipe Candybar, di smartphone Android terdapat pembagian karakter. Pembagian pertama 160 karakter, misalnya sudah melewati 160 karakter maka akan muncul pembagian kedua atau 160 karakter berikutnya dan seterusnya.

Tetapi saya belum yakin dengan batasan 160 karakter. Karena ada kasus kita bisa mengirimkan sebuah pesan teks lebih dari 160 karakter dalam satu SMS. Selain itu ada juga yang bisa menerima SMS lebih dari 160 karakter.

Misalnya kalian ada yang tau lebih lanjut mengenai hal ini, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Karena hanya itu saya yang bisa saya jelaskan semoga sedikit membantu dan menambah wawasan kalian.

Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel tentang pemilik nomor telepon +12024558888. Walaupun kalian belum pernah mendapatkan panggilan dari nomor tersebut, akan tetapi kalian wajib mengetahuinya terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon