Mengenal Aspek Rasio 1:1, 3:2, 4:3, dan 16:9

Mengenal Aspek Rasio 1:1, 3:2, 4:3, dan 16:9

KEPOINDONESIA.id - Aspek Rasio atau Aspect Ratio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi sebuah objek. Sebagai contoh dalam dunia fotografi, aspek rasio dapat di artikan sebagai perbandingan lebar dan tinggi foto yang dihasilkan.

Tidak hanya dalam dunia fotografi, dalam dunia videografer aspek rasio juga digunakan. Dan yang kini sering kita dengar yaitu aspek rasio atau rasio aspek yang ada di layar smartphone. Karena aspek rasio sebuah smartphone kita mulai berubah.

Dulu banyak produsen smartphone yang membuat sebuah smartphone dengan layar yang lebar, tetapi kini malah banyak yang membuat smartphone dengan aspek rasio yang panjang. Untuk lebih mudah, saya akan menjelaskan aspek rasio yang ada di dunia fotografi.

Secara umum ada 4 aspek rasio yang bisa digunakan yaitu 1:1, 3:2, 4:3, dan 16:9. Dari keempat aspek rasio tadi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya sendiri lebih suka dengan aspek rasio 16:9.

Lalu apa aspek rasio itu? dan bagaimana cara menghitungnya? supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi lampu flash kamera Android tidak menyala serta cara mengatasi aplikasi Gcam tidak bisa dibuka.

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, Aspect Ratio atau Rasio Aspek adalah perbandingan antara lebar dan tinggi. Dengan ukuran yang telah ditentukan, angka di depan sebagai Lebar sedangkan angka di belakang sebagai Tinggi.

Sebagai contoh aspek rasio 1:1. Karena sama berarti aspek rasio 1:1 memiliki lebar dan tinggi yang sama atau mudahnya berbentuk persegi. Lalu bagaimana jika angkanya berbeda seperti 4:3?

Rasio 4:3 memiliki lebar 4 dan tinggi 3, mudahnya aspek rasio ini lebih lebar 1 ukuran dari pada tingginya. Karena hanya selisih 1 angka, rasio 4:3 atau 3:2 tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang.

Beda lagi dengan rasio 16:9 yang memiliki selisih cukup panjang. Aspek rasio ini cukup berbeda karena hasil fotonya berbentuk persegi panjang seperti saat merekam video. Penggunaan aspek rasio saat memotret sangatlah penting.

Supaya objek utama dan objek sekitar bisa masuk dalam frame. Jika fokus pada 1 objek saja, rata-rata menggunakan aspek rasio yang kecil seperti 4:3. Misalnya salah menggunakan aspek rasio, kalian bisa mengeditnya supaya aspek rasio yang digunakan cocok.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai aspek rasio. Selain digunakan berdasarkan kegunaan, aspek rasio juga sering digunakan berdasarkan selera masing-masing orang. Karena ada yang suka lebar dan ada yang suka kecil.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu baca tentang apa itu yang dinamakan anti banding. Karena setelan anti banding pasti ada di pengaturan kamera yang ada di ponsel pintar seperti Andorid.


EmoticonEmoticon