Fungsi Tombol Minimize, Restore Down, Maximize, dan Close di Windows

Fungsi Tombol Minimize, Restore Down, Maximize, dan Close di Windows

KEPOINDONESIA.id - Dalam mengoperasikan Komputer atau Laptop dengan sistem operasi Windows kalian harus benar-benar memaksimalkan fungsi tombol jendela. Hampir semua aplikasi yang ada di Windows memiliki tombol jendela.

Singkatnya dengan tombol jendela kalian bisa menentukan ukuran aplikasi yang ingin kalian gunakan. Selain bisa menjalankan banyak aplikasi di latar belakang, salah satu keunggulan perangkat desktop yaitu dapat membuka dan menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Semakin lebar layar atau monitor perangkat yang kalian gunakan semakin banyak aplikasi yang bisa kalian tampilkan secara bersamaan. Tentu saja, untuk hasil yang maksimal harus dibarengi spesifikasi perangkat yang mumpuni.

Ada 4 tombol jendela yang bisa kalian manfaatkan yaitu Minimize, Restore Down, Maximize, dan Close. Jika dilihat memang ada 3, karena Restore Down dan Maximize menjadi satu bagian.

Lalu apa saja fungsi dari keempat tombol jendela tadi? jika kalian belum tau fungsinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dan pengertian keempat tombol jendela di perangkat Windows.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa CMD sering tiba-tiba muncul serta fungsi tombol Page Up dan Page Down.

Minimize


Saya yakin kebanyakan orang mendefinisikan Minimize sebagai tombol memperkecil tampilan Windows. Penjelasan tersebut sebenarnya kurang tepat, karena fungsi utama Minimize yaitu menyelipkan jendela ke taskbar.

Seperti yang kalian tau, jika semua aplikasi dibuka dengan jendela penuh maka aplikasi yang tidak kalian butuhkan akan sedikit mengganggu. Oleh karena itu dari pada di tutup lebih baik di sembunyikan terlebih dahulu.

Restore Down


Sedangkan Restore Down berfungsi untuk mengecilkan jendela aplikasi. Setelah kalian tekan Restore Down dan jendela aplikasi menjadi lebih kecil, kalian masih bisa mengaturnya supaya lebih lebar atau lebih tinggi lagi.

Maximize


Maximize adalah tombol pembalik dari Restore Down. Jendela yang tampilannya tidak penuh atau kecil bisa kalian buka dengan tampilan full layar dengan menekan Maximize. Tentu saja jika sudah full layar tombol Maximize akan berubah menjadi Restore Down.

Close


Dan yang terakhir yaitu tombol Close, tombol yang sering salah digunakan oleh pemula karena disamakan dengan tombol Minimize. Minimize aplikasi masih berjalan hanya saja disembunyikan di taskbar.

Sedangkan jika kalian menekan tombol Close artinya kalian menutup aplikasi tersebut. Misalnya kalian buka lagi aplikasi akan berjalan mulai dari awal lagi.

Nah itu dia fungsi dari tombol Close, Maximize, Restore Down, dan Minimize. Wajib hukumnya kalian mengetahui keempat tombol tadi supaya dalam mengoperasikan perangkat Windows menjadi lebih mudah lagi.

Tidak tau perbedaan antara Rencent Apps dan Task Manager? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai kedua fitur tadi. Sebenarnya sama saja hanya berbeda sistem operasi.


EmoticonEmoticon