3 Cara Mengatasi Jam di HP Tidak Cocok dan Tidak Sinkron

3 Cara Mengatasi Jam di HP Tidak Cocok dan Tidak Sinkron

KEPOINDONESIA.id - Jam atau pukul di HP adalah patokan untuk menentukan waktu yang tepat. Selain 99% cocok kasus jam tidak tepat sangat jarang terjadi. Oleh karena itu sejak adanya HP menentukan waktu yang tepat menjadi lebih mudah.

Walaupun begitu tidak jarang ada yang namanya jam error atau tidak sinkron. Masalah jam tidak sinkron sebenarnya sudah sering terjadi di perangkat Komputer khususnya yang menggunakan versi OS lama.

Rata-rata pukul akan melambat sendiri dan nantinya akan ada selisih hingga lebih dari 1 jam setelah 1 minggu atau 2 minggu. Selain di Komputer dan Laptop, ternyata jam yang melambat juga sering terjadi di HP Android.

Saya pernah mengalaminya beberapa waktu yang lalu. Setelah melakukan berbagai cara akhirnya jam yang melambat tadi normal kembali alias bisa sinkron secara tepat.

Apa saja yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? ada berbagai cara. Jika kalian ingin tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena saya akan menjelaskan cara mengatasi jam yang error di perangkat Android.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi Jam dinding yang boros baterai serta apa yang dimaksud dengan Downtime dan Uptime. Berikut beberapa tips dan solusi untuk mengatasi permasalahan jam yang tidak tepat di Android.

Solusi Jam Tidak Tepat Waktu di Android


1. Aktifkan dan Nonaktifkan Waktu Otomatis


Cara pertama kalian bisa mengaktifkan atau menonaktifkan zona waktu otomatis yang ada di pengaturan. Jika sebelumnya tidak aktif bisa kalian aktifkan dan jika sebelumnya aktif bisa kalian nonaktifkan.

Langkah ini dilakukan supaya sistem bisa mendeteksi waktu secara benar dan tepat. Karena terkadang zona waktu otomatis bisa error serta waktu manual bisa melambat jika perangkat kita reboot atau dimatikan.

2. Pastikan Tidak Ada Aplikasi Mencurigakan


Banyak yang mengatak bahwa salah satu ciri perangkat kita sudah terkena virus yaitu waktu atau jam menjadi lambat dan error. Apakah benar seperti itu? saya sendiri tidak tau akan tetapi kenyataanya memang seperti itu.

Banyak pengguna Windows 7 yang mengalami masalah pada jam yang awalnya normal menjadi lambat atau tidak mau bergerak. Walaupun sangat jarang terjadi karena kemungkinan ada faktor lainnya.

3. Reboot Perangkat


Cara terakhir kalian bisa reboot perangkat kalian. Cara sederhana akan tetapi reboot atau restart dapat mengatasi semua permasalahan yang ada. Setelah berhasil reboot silakan nyalakan zona waktu otomatis jika setelan tersebut belum di aktifkan.

Itu dia beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi jam tidak tepat di Android. Selain penjelasan yang sudah saya jelaskan tadi adanya bug dan masalah sistem operasi juga bisa membuat waktu berjalan lebih lambat atau menjadi tidak tepat.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini mungkin kalian bisa baca artikel tentang tips mengatasi update Windows 10 tidak berjalan. Jika proses tidak berjalan maka update tidak akan bisa dilakukan. 


EmoticonEmoticon