3 Penyebab Menelpon Tidak Ada Suaranya Padahal Sudah Terhubung

3 Penyebab Menelpon Tidak Ada Suaranya Padahal Sudah Terhubung

KEPOINDONESIA.id - Menelpon atau melakukan panggilan Telepon adalah salah satu cara untuk menghubungi seseorang. Dari pada mengirimkan pesan teks lewat SMS atau aplikasi chatting menelpon adalah salah satu yang paling baik.

Seperti yang kalian ketahui berbicara secara langsung adalah pilihan terbaik jika kalian ingin membicarakan hal yang serius. Walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung karena faktor jarak akan tetapi dengan menelpon hal itu bisa diatasi.

Karena yang terpenting adalah pembicaraan secara langsung dari hati ke hati. Meski tidak bisa berbicara empat mata secara langsung berbicara lewat Telepon bisa menjadi cara alternatifnya.

Tetapi kalian pernah tidak mengalami saat menelpon tidak muncul suara atau suara lawan bicara tidak terdengar. Saya yakin ada yang pernah mengalami menelpon tidak ada suaranya dan ada yang belum pernah mengalaminya.

Sebenarnya saat melakukan panggilan Telepon dan tidak muncul suara lawan bicara saat panggilan sudah terhubung sangat jarang terjadi. Akan tetapi bisa terjadi dan pernah saya alami beberapa tahun yang lalu.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suara tidak terdengar saat melakukan panggilan telepon. Atau saat melakukan panggilan tidak ada suaranya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara memblokir nomor spam serta solusi HP tidak berbunyi saat ada panggilan masuk.

Penyebab Tidak Ada Suara Saat Menelpon


1. Earpiece Speaker di HP Kalian Rusak


Jika kalian tidak tau Earpiece Speaker adakah speaker yang biasa kalian gunakan saat menelpon. Posisi Earpiece Speaker berada di bagian atas tepat di tengah-tengah. Saya yakin kalian sudah tau letak dan fungsinya.

Nah jika Earpiece Speaker di HP kalian rusak maka kalian tidak akan bisa mendengarkan lawan bicara saat menelpon. Karena Earpiece Speaker tidak bisa menghasilkan suara dan perlu kalian perbaiki atau di ganti.

2. Microphone Lawan Bicara Rusak


Selain dari sisi kita dari sisi lawan bicara kita juga bisa terjadi. Sebagai contoh jika Microphone di HP lawan bicara kalian rusak. Jika Microphone rusak orang tersebut saat berbicara di telepon tidak akan tersampaikan ke kalian.

Akan tetapi orang tersebut bisa mendengar apa yang kalian bicarakan. Seperti saat Earpiece Speaker rusak, Microphone yang sudah rusak dan tidak berfungsi perlu di perbaiki atau di ganti supaya normal kembali.

3. Gangguan Sinyal


Yang terakhir karena gangguan sinyal. Sebagai contoh sinyal di antara kalian dan lawan bicara kalian salah satu sinyalnya sedang tidak bagus. Sinyal yang tidak bagus bahkan saat jelek tidak akan bisa terhubung dengan sempurna.

Karena untuk mengirim SMS saja sering tidak terkirim apalagi digunakan untuk menelpon. Oleh karena itu misalnya di lokasi kalian sinyalnya jelek kalian bisa menggunakan operator seluler yang memiliki kualitas jaringan yang bagus.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan panggilan telepon tidak ada suaranya. Sangat jarang terjadi akan tetapi jika kalian mengalaminya kalian tidak usah panik atau bingung.

Kalian tinggal cari penyebabnya apa. Jika Earpiece Speaker di HP yang kalian sudah rusak kalian bisa memperbaikinya di tukang servis supaya saat diperlukan tidak akan muncul masalah yang sama.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian pernah mengalami tidak bisa menelpon seseorang. Untuk tau apa penyebab tidak bisa melakukan panggilan telepon kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon