3 Penyebab File GIF Tidak Bergerak Saat Dibuka

3 Penyebab File GIF Tidak Bergerak Saat Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Selain stiker penggunaan GIF semakin hari semakin banyak digunakan di aplikasi dan layanan seperti sosial media. Padahal dulu masih jarang sekali yang menggunakan GIF dan hanya menggunakan stiker saja.

Sebagai contoh Facebook dan WhatsApp. Yang dulunya hanya menyediakan stiker saja kini sudah mendukung dan menyediakan .gif tersendiri yang dapat dengan mudah digunakan oleh penggunanya.

Seperti yang kalian ketahui GIF atau Graphics Interchange Format adalah format desain grafis yang objek nya dapat bergerak layaknya video pendek. Selain bisa lebih pendek size dari GIF juga relatif kecil setara dengan file JPG dan PNG.

Hanya saja kualitas GIF rata-rata kurang bagus walaupun ada yang bagus. File atau gambar .gif bisa bergerak dengan 2 syarat. Yang pertama file tersebut harus benar-benar berformat .gif dan yang kedua aplikasi atau sistem yang digunakan untuk membuka file tersebut harus support GIF.

Jika tidak memenuhi kedua syarat tadi maka file GIF tidak dapat bergerak atau saat dibuka GIF tidak akan bergerak semestinya. Apa file GIF yang tidak bergerak bisa diperbaiki supaya bisa bergerak?

Bisa saja tergantung apa yang membuat GIF tersebut tidak mau bergerak. Untuk tau cara mengatasinya kalian minimal harus tau terlebih dahulu apa yang bisa menyebabkan file .GIF tidak mau bergerak.

Namun sebelum lanjut ke penyebabnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti cara unduh foto dan gambar di Google supaya Full HD serta cara mudah menggabungkan foto secara online.

Penyebab GIF Tidak Mau Bergerak


1. File GIF Rusak


Seperti file PNG, file GIF juga dapat rusak. Jika PNG saat rusak latar belakangnya tidak menjadi transparan dan menjadi hitam sedangkan file GIF jika rusak otomatis akan berubah menjadi file JPG.

Ini sangat sering terjadi jika kalian mengunduh file .gif sembarangan dari internet. Karena tidak mengikuti langkah demi langkah supaya file GIF tersimpan dengan benar kalian malah ambil jalan cepat dengan cara langsung menyimpan file GIF tersebut.

Setelah tersimpan memang file bisa dilihat seperti sebuah foto atau gambar pada umumnya. Akan tetapi ketika dibuka tidak akan bergerak sampai kapanpun karena format GIF di file tersebut sudah rusak.

2. Sistem Tidak Mendukung Format GIF


Maksudnya begini, jika kalian membuka file GIF di galeri yang tidak mendukung format .gif maka jika file GIF tersebut kalian buka tidak akan bergerak. Kenapa tidak bergerak? karena galeri yang kalian gunakan tidak mendukung format tersebut.

Jika sudah seperti itu kalian bisa mengunduh aplikasi foto atau galeri yang mendukung format .gif. Setelah itu coba buka GIF yang kalian miliki jika memang file .gif pasti akan bisa bergerak.

3. Koneksi Internet Lemot


Yang terakhir jika kalian ingin melihat GIF di aplikasi atau situs web tertentu secara online. Karena GIF cukup berat tidak seperti JPG dan PNG maka butuh koneksi yang cukup supaya file GIF bisa bergerak dengan lancar.

Masalah GIF yang kadang tidak bergerak sering saya temui di Facebook. Karena terkadang karena koneksi internet yang saya gunakan gangguan semua GIF yang ada di kolom komentar tidak bergerak dan terlihat seperti foto dan gambar biasa.

Jadi itu dia yang bisa menyebabkan GIF tidak dapat bergerak. Penyebab diatas bisa dialami di perangkat Android, iOS, atau di perangkat Windows seperti Komputer dan Laptop. Akan tetapi penyebab yang paling sering karena file GIF sudah rusak.

Selain GIF mungkin kalian perlu tau tentang Live Wallpaper. Live Wallpaper hampir sama seperti GIF yaitu bukan video pendek akan tetapi gambar yang bisa bergerak seperti sebuah kenyataan.


EmoticonEmoticon