3 Penyebab dan Cara Mengatasi Kursor Mouse Bergerak Lambat

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Kursor Mouse Bergerak Lambat

KEPOINDONESIA.id - Mouse merupakan salah satu komponen pendukung perangkat desktop. Bukan hanya sebagai komponen pendukung, akan tetapi bisa dibilang sebagai komponen utama. Karena tanpa ada mouse sebuah perangkat desktop tidak akan bisa dioperasikan.

Pernyataan tersebut memang benar, akan tetapi masih ada beberapa perangkat desktop yang dapat digunakan tanpa adanya sebuah mouse yaitu Laptop. Karena Laptop sudah disediakan Touchpad yang berfungsi layaknya sebuah mouse.

Walaupun memiliki fungsi layaknya sebuah mouse, akan tetapi touchpad tidak semudah mouse saat pengoperasiannya. Oleh karena itu pengguna Laptop tetap menggunakan mouse dari pada menggunakan touchpad.

Masalah yang sering dialami oleh pemula atau orang awam yaitu kursor mouse kadang bergerak lambat atau lamban. Saat kursor mouse bergerak lamban dapat menyulitkan pengoperasian mouse tersebut.

Yang menjadi pertanyaan, apa saja yang bisa menyebabkan kursor mouse bergerak lamban dan patah-patah?? ada beberapa penyebab. Akan tetapi supaya kalian lebih paham lagi langsung saja kalian simak penjelasannya dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara lihat sumber halaman di Google Chrome Android serta cara mengembalikan ikon baterai Laptop yang hilang.

Solusi Mouse Lambat Bergerak


1. Pastikan Setelan Speed Pointer Sudah Tepat


Pertama yang harus kalian pastikan yaitu speed pointer sudah kalian atur sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu cepat atau fast dan jangan terlalu lambat atau slow. Umumnya kalian bisa mengaturnya di tengah-tengah.

Untuk cara mengatur kecepatan pointer mouse sangat mudah sekali. Silakan kalian akses Control Panel dan cari menu Mouse. Setelah itu pilih Pointer Options dan atur Select a pointer speed.

2. Ada Program Yang Sedang Berjalan di Latar Belakang


Yang saya maksud program bawaan seperti Windows Defender dan Windows Update. Lambannya pergerakan mouse tergantung dari spesifikasi perangkat yang kalian miliki. Jika spesifikasi pas-pasan maka pergerakan mouse akan terasa lamban.

Jika tidak lambat atau patah-patah biasanya pointer mouse akan berubah loading. Loading pada kursor atau pointer mouse menandakan sistem sedang menjalankan program di latar belakang dan cukup mengganggu kinerja perangkat.

3 Aplikasi Terlalu Berat


Dan penyebab terakhir yaitu karena aplikasi yang kalian buka terlalu berat, seperti Game atau aplikasi editing video. Penyebab yang satu ini sangat wajar terjadi dan pasti akan mengganggu kalian.

Jika tidak ingin mengalami permasalahan seperti itu kalian tidak usah membuka aplikasi tersebut. Misalnya ingin menikmati proses editing video dan gaming yang lancar gunakan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan pergerakan mouse menjadi lamban. Selain itu saya juga sudah menjelaskan bagaimana solusinya. Solusinya yaitu tergantung penyebab yang menyebabkan pergerakan mouse menjadi lambat.

Sebelum saya akhiri kalian perlu tau beberapa rekomendasi mouse terbaik di kelas harganya. Salah satunya mouse yang cocok digunakan untuk bermain game APEX LegendS, PUBG, dan Fortnite.

1 nhận xét so far

terima kasih banyak,mouse yg tadinya lemot normal lagi.Ketemu settinganya


EmoticonEmoticon