Pengertian Footage dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Pengertian Footage dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

KEPOINDONESIA.id - Membuat video menarik bisa kita lakukan tanpa perlu merekam sendiri. Sebagai contoh video edukasi, video edukasi hanya perlu merangkai kalimat saja dan untuk videonya bisa menggunakan Footage.

Penggunaan Footage sangat banyak digunakan oleh orang-orang yang membuat video edukasi seperti video tentang analisa keuangan atau tentang cara menabung yang benar. Saya yakin kalian sering melihat video seperti ini di kanal berbagi video YouTube.

Yang menjadi pertanyaan ialah apa sebenarnya yang dimaksud dengan Footage itu? Footage memang sedikit asing di dengar karena tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan sebuah video Footage.

Seperti halnya dalam desain grafis, Footage bisa dibilang seperti mentahan. Jika dalam dunia desain grafis ada yang disebut sebagai template, nah di video editing Footage sama seperti template yaitu sebuah mentahan.

Bedanya jika template selain bisa digabung juga bisa di edit, sedangkan Footage hanya bisa digabung dengan video lain atau digabung dengan Footage lain. Supaya lebih jelas maka kali ini saya akan menjelaskan apa itu yang dinamakan Footage.

Selain pengertiannya saya juga akan menjelaskan beberapa cara untuk mendapatkan video Footage. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca penyebab aplikasi tidak bisa digunakan Split Screen serta cara menghilangkan audio di video.

Apa Itu Footage?


Footage atau video Footage adalah potongan rekaman video mentah hasil rekaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Footage berdurasi beberapa detik saja dan pasti memiliki tema.

Misalnya Footage tentang awan, maka video Footage tersebut adalah video rekaman awan dari tempat terbaik yang menghasilkan sebuah rekaman yang sangat bagus. Ada banyak sekali jenis-jenis Footage yang bisa kalian gunakan.

Sebagai contoh kalian ingin membuat video cara mengoperasikan Laptop. Nah kalian bisa menggunakan Footage keyboard Laptop, mouse, mengetik di Laptop, serta cara menutup layar Laptop yang benar.

Cara Mendapatkan Footage


1. Unduh Secara Gratis


Yang pertama kalian bisa download Footage secara gratis dan dapat digunakan ulang tanpa takut terkena hak cipta atau copyright. Untuk mendapatkan Footage secara gratis kalian bisa mengunjungi situs pixabay.com.

2. Rekam Sendiri


Misalnya kalian membutuhkan Footage yang lebih spesifik seperti Footage seseorang menggunakan baju komunitas tertentu maka kalian wajib merekam Footage sendiri. Untuk hasil yang maksimal pastikan merekam menggunakan perangkat yang memiliki fitur stabilitas.

3. Beli


Terakhir kalian bisa membeli stock Footage di situs yang menjual berbagai jenis Footage. Tidak ada salahnya membeli, selain bisa mendapatkan Footage yang lebih bagus dengan membeli kita juga memberikan apresiasi kepada perekam dan pembuat Footage tersebut.

Itu dia apa yang di maksud dengan video Footage dan bagaimana caranya supaya mendapatkan mentahan Footage. Walaupun cukup mudah di dapatkan, akan tetapi mengedit sebuah Footage cukup sulit dan butuh skill editing yang mumpuni.

Karena jika hanya digabungkan secara biasa Footage tersebut tidak ada artinya, butuh efek dan transisi serta tulisan supaya video menjadi lebih menarik. Dan sebelum saya akhiri jika kalian gagal saat ingin merekam video kalian bisa baca artikel tentang solusi tidak bisa merekam video.


EmoticonEmoticon