Fungsi dan Cara Mendapatkan Kode Cadangan

Fungsi dan Cara Mendapatkan Kode Cadangan

KEPOINDONESIA.id - Keamanan sebuah akun memang yang utama. Dengan menggunakan password atau kata sandi sebuah akun belum tentu aman walaupun menggunakan kombinasi yang sulit dan rumit.

Karena keamanan dan privasi nomor satu munculah sistem keamanan verifikasi 2 langkah dan autentikasi 2 faktor (2FA). Keduanya sebenarnya sama saja akan tetapi terkadang penyebutannya yang berbeda.

Walaupun kata sandi sudah diketahui oleh orang lain, orang tersebut tidak akan bisa login ke akun kalian jika kalian sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau 2FA. Butuh kode 6 digit supaya proses login benar-benar berhasil.

Kelebihan dari sistem keamanan ini setiap saat kodenya dapat berubah-ubah. Dengan perubahan kode mencegah seseorang mengingat kode tersebut dan digunakan untuk login di akun terkait.

Kode untuk login memang berubah-ubah, akan tetapi untuk kode cadangan tidak akan berubah sebelum kode tersebut digunakan. Karena kode cadangan sebagai kode pengganti jika kita tidak dapat mendapatkan kode login karena alasan tertentu.

Kode cadangan banyak digunakan di layanan yang menggunakan keamanan autentikasi 2 faktor seperti di akun Google, Facebook, Instagram, hingga beberapa layanan lainnya. Untuk tau lebih jelas mengenai kode cadangan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum itu kalian bisa baca kumpulan kode pengaman ponsel Nokia serta solusi kode OTP dari Akulaku tidak kunjung masuk. Berikut penjelasan tentang kode cadangan dan bagaimana cara mendapatkannya.

Apa Itu Kode Cadangan?


Kode Cadangan adalah kode pengganti yang biasanya didapatkan setelah mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah atau autentikasi 2 faktor. Sama seperti kode login akan tetapi kode cadangan tidak akan berubah.

Hanya saja jika sudah pernah digunakan kode cadangan tidak akan bisa digunakan kembali. Oleh karena itu biasanya kode cadangan diberikan sebanyak 10 kode dengan jumlah digit 8 digit lebih banyak 2 digit dari kode login.

Kode cadangan sangat membantu jika kalian tidak bisa mendapatkan kode login karena nomor kalian sudah tidak aktif atau kalian kehilangan perangkat dan tidak bisa mengakses aplikasi Google Authenticator atau Pengesahan Google.

Cara Mendapatkan Kode Cadangan


Setahu saya ada 2 cara untuk mendapatkan kode cadangan. Cara pertama yaitu kode cadangan akan diberikan sekali saat awal mengaktifkan keamanan 2FA dan kode tidak akan kalian dapatkan kembali di setelan manapun.

Dan yang kedua kode cadangan dapat kalian lihat, simpan, dan unduh kapan saja selama kalian masih bisa login ke akun terkait. Untuk mencarinya kalian hanya perlu mengakses setelan keamanan autentikasi 2 faktor dan pilih kode cadangan.

Banyak layanan yang memberikan kode cadangan satu kali saat pertama kali mengaktifkan keamanan autentikasi 2 faktor dan ada juga layanan yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membuat dan menyimpan kode cadangan kapanpun yang mereka mau.

Itu dia sekilas penjelasan dari saya mengenai kode cadangan dari autentikasi 2 faktor atau verifikasi 2 langkah. Jika kalian tidak yakin bisa menyimpan kode cadangan atau tidak yakin selalu bisa mengakses perangkat dan SMS lebih baik tidak mengaktifkan fitur 2FA.

Karena jika tidak bisa mendapatkan kode login atau kode cadangan cukup merepotkan. Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini mungkin kalian perlu tau juga kenapa kode verifikasi akun Shopee tidak bisa digunakan padahal kodenya benar.


EmoticonEmoticon