Perbedaan Workshop dan Seminar, Jangan Disamakan

Perbedaan Workshop dan Seminar, Jangan Disamakan

KEPOINDONESIA.id - Istilah seminar mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Seminar memang sering di adakan di kota-kota kecil hingga kota besar. Terkadang seminar juga di adakan di sekolahan khususnya di tingkat SMA sederajat dan di Universitas.

Selain seminar ada juga yang namanya Workshop. Tidak seperti seminar, workshop atau yang sering disebut WS jarang di adakan. Saya sangat jarang melihat sebuah acara yang mengadakan sebuah Workshop.

Yang mungkin banyak di pertanyaan oleh orang-orang ialah, apa Seminar dan Workshop sama? atau malah berbeda?. Jangan sampai kalian sudah sering menghadiri workshop dan seminar tetapi tidak tau perbedaan kedua acara tadi.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan pengertian Seminar dan Workshop. Selain pengertiannya saya juga akan membahas perbedaan antara keduanya. Namun sebelum saya jelaskan pengertian dan perbedaannya kalian bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti apa yang dimaksud dengan Roasting serta perbedaan antara pembelian tiket HTM dan OTS. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan pengertian dan perbedaan antara Workshop dan Seminar.


Workshop


Workshop adalah sebuah acara atau kegiatan yang memiliki tujuan memecahkan masalah atau mencari solusi dari sebuah masalah. Narasumber akan menjelaskan beberapa teori, penjelasan, dan sebuah konsep kepada para peserta.

Tidak main-main, Workshop dilakukan tidak hanya satu hari saja. Workshop biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari tergantung bidang dan masalah yang akan dipecahkan. Oleh karena itu orang yang ikut Workshop adalah orang yang sudah tau dasar-dasar pembelajaran.

Seminar


Berbeda dengan Workshop, Seminar merupakan sebuah acara yang fokus menyampaikan pembelajaran dan materi kepada para peserta. Karena tujuan seminar supaya orang yang belum tahu menjadi tahu.

Materi yang di sampaikan pada seminar jelas lebih ringan dan mudah dipahami. Karena peserta belum paham betul mengenai topik seminar. Tidak seperti Workshop, seminar dilakukan hanya beberapa jam tidak sampai 1 hari.

Lalu apa bedanya Seminar dan Workshop?. Menurut saya perbedaannya sangat jelas sekali. Anggap saja Seminar khusus pemula atau khalayak umum yang belum tau tentang topik dan bidang yang ada di berikan di seminar.

Sedangkan Workshop selain peserta sudah tau topik nya dari topik ringan hingga yang berat peserta juga ingin mendapatkan solusi atas masalah yang ada. Oleh karena itu terkadang peserta WS atau Workshop dibatasi.

Semoga penjelasan saya mengenai Workshop dan Seminar bermanfaat. Selain itu istilah Webinar belakangan ini cukup sering terdengar. Apa itu webinar? Webinar adalah pertemuan yang dilakukan secara online dan real-time.

Cukup sekian pembahasan saya kali ini supaya kalian terbantu. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Ogut? kalian bisa baca pengertian dari Ogut itu apa. Karena sebelumnya saya sudah pernah membahasnya.


EmoticonEmoticon