Perbedaan dan Pengertian Vertikal, Horizontal, dan Diagonal

Perbedaan dan Pengertian Vertikal, Horizontal, dan Diagonal

KEPOINDONESIA.id - Istilah Vertikal dan Horizontal mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Walaupun sering kalian dengar, kemungkinan kalian masih bingung mengenai perbedaan antara Vertikal dan Horizontal.

Saya bisa mengatakan seperti itu karena kenyataannya memang demikian. Banyak yang keliru menyebutkan Vertikal sebagai Horizontal dan sebaliknya ingin menyebut Horizontal tetapi malah menjadi Vertikal.

Selain Horizontal dan Vertikal, sebenarnya ada juga garis lain yang perlu kalian ketahui yaitu Diagonal. Saya yakin kalian sudah pernah mendengar istilah Diagonal, karena di pelajaran matematika garis ini sangat sering digunakan.

Yang menjadi pertanyaan apa itu yang dinamakan Diagonal, Vertikal, dan Horizontal? Supaya kalian tahu dan tidak keliru lagi dalam menyebutkan ketiga garis tadi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Misalnya perbedaan sistem belajar Daring dan Luring serta apa bedanya Rangkuman dan Ringkasan.

Vertikal


Garis Vertikal

Vertikal atau Garis Vertikal adalah garis yang posisinya tegak lurus terhadap permukaan bumi. Baik dari bawah ke atas atau sebaliknya dari atas ke bawah. Garis ini juga sering disebut sebagai sumbu y dalam koordinat kartesius.

Vertikal atau posisi tegak juga digunakan dalam pengambilan foto atau pencetakan dokumen. Posisi ini disebut sebagai posisi Portrait atau posisi tegak. Garis atau posisi bisa disebut sebagai Vertikal dan Portrait jika posisinya berdiri tegak.

Apa contoh Garis Vertikal atau posisi Vertikal dalam kehidupan sehari hari? Contohnya seperti Tower, Tiang Listrik, Gedung, dan masih banyak yang lainnya.

Horizontal


Garis Horizontal

Sedangkan Horizontal atau Garis Horizontal adalah garis yang posisi mendatar terhadap permukaan bumi. Baik dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Dalam koordinat kartesius garis Horizontal biasanya disebut sebagai sumbu x.

Sama seperti Vertikal, dalam pengambilan foto atau percetakan dokumen garis ini juga memiliki kembaran yaitu Landscape atau posisi memanjang ke samping. Contoh garis Horizontal dalam kehidupan sehari hari seperti jalan yang datar, pipa di bawah tanah, atau jembatan.

Diagonal


Garis Diagonal

Sedangkan Diagonal atau garis Diagonal adalah garis yang ditarik dari sudut yang satu ke sudut lain yang saling berhadapan. Mudahnya garis Diagonal adalah garis miring antara garis Vertikal dan garis Diagonal.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti tanjakan, penyangga siku, dan masing banyak yang lainnya.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai Vertikal, Horizontal, dan Diagonal. Supaya lebih jelas sudah saya tambahkan beberapa gambar ilustrasi masing-masing garis. Karena tanpa gambar saya yakin kalian akan kebingungan.

Ingin tau Not Angka dan Not Balok lagu Hymne Guru? jika iya kalian bisa baca not lagu Hymne Guru lengkap. Selain not nya, di artikel tersebut saya juga sudah menuliskan lirik yang bisa kalian baca secara langsung.


EmoticonEmoticon