4 Penyebab dan Solusi Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan di iPhone

4 Penyebab dan Solusi Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan di iPhone

KEPOINDONESIA.id - iPhone adalah sebuah smartphone mahal yang memiliki banyak penggemar. Seperti yang kalian ketahui, iPhone dengan sistem operasi iOS sangat berbeda dengan perangkat Android yang ada di brand-brand ponsel.

Benar sekali, sistem operasi iOS khusus untuk perangkat iPhone saja. Seperti Blackberry OS khusus perangkat Blakcberry dan Windows Phone khusus untuk perangkat Lumia. Sayangnya Blackberry OS dan Windows Phone tidak seberuntung iOS.

Persaingan ponsel pintar saat ini hanya fokus ke Android dan iOS. Android dengan banyaknya vendor menciptakan banyak sekali ponsel pintar yang bervariasi. Sedangkan iOS dalam satu tahun pihak Apple hanya merilis 1 jenis type iPhone baru.

Jika pihak Apple merilis 2 perangkat iPhone sekaligus dalam 1 tahun, itu hal yang menakjubkan. Baik Android atau iOS keduanya dibekali update sistem atau pembaruan sistem demi meningkatkan performa perangkat.

Selain itu pembaruan sistem berfungsi menutup celah keamanan dan bug yang sebelumnya ada di versi terdahulu. Walaupun harga perangkat iPhone tidaklah murah, ternyata saat melakukan pembaruan sistem sering tidak bisa.

Saat ingin update versi iOS misalnya, akan muncul peringatan seperti ini "Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan, Terjadi kesalahan saat memeriksa pembaruan perangkat lunak." Jika sudah seperti itu yang jelas kalian tidak akan bisa melanjutkan pembaruan perangkat lunak ke versi terbaru.

Lalu apa ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut? tentu saja ada. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tidak bisa melakukan pembaruan perangkat lunak di iOS.

Namun sebelum lanjut ke cara mengatasinya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti manfaat menggunakan mode pesawat serta cara mudah mengubah nama Wi-Fi Hotspot.

Solusi Tidak Bisa Melakukan Pembaruan di iPhone


1. Koneksi Jaringan Buruk


Penyebab pertama yaitu karena koneksi internet yang kalian gunakan buruk atau lemah. Jika koneksi internet lemah perangkat kalian akan kesulitan saat ingin terhubung ke server pembaruan.

Kasus serupa juga sering terjadi di Android, yaitu perangkat Android tidak bisa memeriksa pembaruan software. Cara untuk mengatasi permasalahan yang satu ini kalian bisa menggunakan koneksi internet yang stabil baik dengan data seluler atau koneksi wifi.

2. Tekan Coba Lagi Berulang Kali


Sebelumnya kalian harus memastikan bahwa perangkat iPhone yang kalian miliki sudah menerima pembaruan perangkat lunak. Jika sudah kalian pastikan kalian bisa menekan Coba Lagi terus menerus.

Ini dilakukan supaya perangkat yang kalian miliki berhasil terhubung ke server pembaruan milik Apple. Tidak harus dilakukan di waktu yang sama, tetapi kalian bisa mencobanya saat ada waktu luang.

3. Reboot iPhone


Yang terakhir kalian bisa reboot atau restart perangkat iPhone yang kalian miliki. Saya sendiri tidak terlalu yakin cara ini berhasil, akan tetapi kalian wajib mencobanya. Karena masalah atau gangguan sistem biasanya akan normal kembali setelah perangkat memulai ulang.

4. Download Manual Pembaruan Perangkat Lunak di IPSW


Yang terakhir kalian bisa mengunduh pembaruan perangkat lunak secara manual tanpa lewat menu Pembaruan Perangkat Lunak. Jika kalian berminat ingin mencoba menginstall pembaruan iPhone lewat file langsung kalian bisa mengunduh filenya di http://ipsw.me/.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi tidak dapat melakukan pembaruan di iPhone. Sebenarnya tidak untuk iPhone saja, karena masalah serupa yang terjadi di iPad dan iPod bisa diatasi dengan cara di atas.

Sedangkan untuk masalah lainnya seperti proses pengunduhan lama, tidak dapat memverifikasi pembaruan, atau pembaruan tidak selesai akan saya bahas di artikel lainnya jika ada waktu luang.

Cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi kalian. Takut Face ID di iPhone kalian mati? kalian harus tau beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Face ID di iPhone off. Jika kalian sudah tau penyebabnya saya yakin kalian tidak akan ragu lagi menggunakan iPhone dengan sistem keamanan pemindai wajah.


EmoticonEmoticon