3 Penyebab dan Solusi Mengatasi SIM Tidak Diizinkan di Android

3 Penyebab dan Solusi Mengatasi SIM Tidak Diizinkan di Android

KEPOINDONESIA.id - Normalnya saat kartu SIM atau SIM Card di masukkan ke perangkat sinyal akan langsung muncul. Terkecuali jika kartu SIM yang kalian masukkan adalah kartu perdana baru yang belum terdaftar atau kartu yang sudah tidak aktif lagi.

Tidak akan ada masalah yang akan muncul seperti kartu SIM tidak tersedia, tidak terdeteksi, atau tidak terbaca. Masalah seperti itu sangat jarang terjadi, sedangkan kartu SIM yang tidak terdaftar itu beda kasus.

Selain tidak tersedia, tidak terdeteksi, atau tidak terbaca ada masalah lain yang sering terjadi, yaitu SIM tidak diizinkan. Kartu SIM tidak diizinkan sangat sering terjadi jika kalian membeli HP Android bekas atau second yang bukan dari negara Indonesia.

Apa maksudnya sebuah HP bekas yang bukan berasal dari negara Indonesia? untuk tau lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kartu SIM tidak diizinkan di Android.

Selain penyebabnya saya juga akan memberikan solusi dan cara mengatasinya. SIM Card yang tidak diizinkan bisa terjadi di perangkat apa saja, tetapi yang paling sering terjadi yaitu di perangkat Samsung dan Sony.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan beberapa penyebab dan solusi SIM tidak diizinkan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi fitur NFC tidak berfungsi serta cara menghapus nomor yang tidak bisa dihapus dari daftar kontak.

Penyebab SIM Card Tidak Diizinkan


1. Terindikasi HP Docomo, AU, atau Softbank


Penyebab paling masuk akal yaitu karena HP yang kalian beli berasal dari negara lain yang menggunakan provider khusus. Awalnya sudah di unlock dan bisa digunakan di Indonesia, karena suatu hal saat di masukkan SIM Card dari provider Indonesia menjadi tidak bisa.

Ini sangat sering terjadi, misalnya kalian membeli HP Docomo masalah seperti ini tidak bisa dihindarkan. Kasusnya beragam, ada yang semua SIM tidak bisa digunakan ada juga yang SIM 2 saja yang tidak bisa digunakan atau tidak diizinkan.

2. Slot SIM Lock Provider


Nah yang kedua karena perangkat yang kalian miliki di lock provider tertentu. Saya yakin kalian tidak paham, contoh mudahnya yaitu jika kalian membeli HP Android dari Smartfren maka SIM 1 hanya bisa menggunakan kartu Smartfren saja.

Jika kalian memasukkan kartu SIM dari provider lain kemungkinan besar tidak bisa karena tidak diizinkan. Jika muncul SIM tidak diizinkan bukan masalah yang besar, akan tetapi cara tersebut bisa merusak perangkat yang kalian miliki jika dipaksakan.

3. Masalah IMEI


Yang terakhir yaitu karena masalah IMEI, baik IMEI perangkat hilang atau di blokir. Seperti yang kalian ketahui mulai beberapa bulan yang lalu perangkat yang dibeli dari luar negeri alias tidak terdaftar di Kemenperin akan diblokir.

Efek pemblokiran IMEI menyebabkan perangkat tidak akan bisa menangkap jaringan seluler. Sebagai contoh jika kalian memasukkan kartu perdana dari operator manapun sinyal tidak akan muncul. Akan tetapi masih bisa digunakan untuk internet dengan jaringan Wifi.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi kartu SIM yang tidak diizinkan. Selain kartu SIM, terkadang peringatan yang muncul "Ponsel tidak diizinkan" bukan "SIM 1 tidak diizinkan" atau "SIM 2 tidak diizinkan"

Cukup sekian pembahasan dari saya untuk kali ini semoga bermanfaat. Tidak tau cara mengaktifkan VoLTE milik Smartfren? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang cara mengaktifkan fitur VoLTE milik operator seluler Smartfren.


EmoticonEmoticon