Pengertian Haul dan D.I.Y di Video YouTube

Pengertian Haul dan D.I.Y di Video YouTube

KEPOINDONESIA.id - Haul? pernah tidak kalian mendengar kata tersebut? jika kalian perempuan dan sering menonton video di YouTube seharusnya kalian pernah melihat istilah tadi. Selain Haul ada juga yang namanya DIY atau D.I.Y.

Kedua istilah tadi belakangan ini sering kali muncul di YouTube karena memang konten yang dibuat berkaitan dengan kedua istilah tadi. Haul sangat populer di kalangan perempuan karena biasanya yang membahas Haul ialah Youtuber wanita.

Sedangkan DIY lebih sering di tonton oleh para lelaki karena kontennya yang menarik, walaupun wanita juga banyak yang menonton konten DIY. Yang menjadi pertanyaan ialah apa itu DIY? apa maksud dari Haul?

Nah supaya kalian tau artinya kali ini saya akan membahas mengenai kedua kata tadi yaitu Haul dan DIY. Jangan sampai kalian sering menonton konten video serupa tetapi tidak tau maksud dari video yang kalian tonton.

Sebelum lanjut seperti biasanya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan YouTube. Seperti memperbesar tampilan YouTube di Komputer dan Laptop serta cara menyalin alamat video YouTube yang benar.

Haul


Apa itu Haul?singkatnya Haul adalah konten yang membahas mengenai barang-barang yang baru dibeli dalam jumlah yang banyak serta melakukan review secara singkat. Konten Haul yang paling sering saya temui di YouTube ialah Haul Shopee.

Singkatnya banyak Youtuber yang membeli beberapa produk di Shopee khusus untuk konten Haul. Mulai barang yang murah sampai yang mahal tergantung masing-masing Youtuber. Yang jelas produk yang dibeli lebih dari satu bisa belasan sampai puluhan.


DIY


Berikutnya yaitu DIY. D.I.Y singkatan dari Do it Yourself, yaitu konten yang membahas segala sesuatu yang dibuat secara mandiri seperti membuat kerajinan tangan. Misalnya DIY membuat rak buku, artinya konten video tersebut membahas mengenai cara membuat rak secara sendiri mulai dari menyiapkan alat dan bahan sampai barang selesai dibuat.

Ada banyak konten DIY mulai dari yang sederhana sampai yang sulit. Apa DIY yang sederhana? yaitu membuat sesuatu yang mudah seperti masker wajah. Sedangkan DIY yang rumit seperti membuat lemari kecil atau tempat sepatu.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai Haul dan DIY. Semoga kalian yang belum tau jadi tahu dan yang sudah tau semoga penjelasan saya kali ini benar. Selain DIY dan Haul masih banyak lagi istilah yang sering ditemui di YouTube seperti konten Podcast.

Mungkin kalian perlu tau juga yang namanya FYI. FYI tidak ada kaitannya dengan kedua istilah tadi namun itu adalah singkatan seperti DIY. Oleh karena itu kalian wajib tau kepanjangan FYI itu apa.


EmoticonEmoticon