Apa Itu Fitur Speech-to-Text di Keyboard?

Apa Itu Fitur Speech-to-Text di Keyboard?

KEPOINDONESIA.id - Speech to Text, saya yakin kalian pernah mendengar istilah tersebut dan kalian belum tau apa fungsi dari fitur tadi. Bagi pengguna Android seharusnya kalian pernah melihat tulisan Speech to Text, khususnya kalian yang sering mengatur pengaturan keyboard.

Karena memang Speect-to-Text berkaitan dengan keyboard. Tidak hanya di keyboard Android saja, tetapi karena yang paling sering saya temui di keyboard Android jadi saya mengambil referensi tersebut pada pembahasan kali ini.

Dengan adanya fitur tadi sebenarnya mengetik menjadi lebih mudah khususnya saat membuat kalimat yang panjang. Sebagai contoh saat membuat makalah atau skripsi, kalian akan sangat terbantu dengan adanya Speech to Text.

Lalu apa itu fitur Speech to Text? walaupun kalian sering melihat tulisan ini akan tetapi saya tidak yakin jika kalian sudah mengetahui fungsinya. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi Speech to Text.

Fitur yang sangat berguna supaya proses mengetik di HP atau Komputer menjadi lebih mudah. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti cara menghilangkan getar di Google Keyboard serta cara mengatasi tombol pindah kamera tidak berfungsi. Berikut penjelasan dari saya mengenai fitur Speech-to-Text, fitur perubah suara menjadi teks.

Jadi Speech-to-Text adalah sebuah fitur atau sistem yang bisa mengubah suara atau bahasa lisan menjadi teks atau tulisan. Fitur ini sama seperti OK Google, dapat mencari sesuatu dengan ucapan yang nantinya diubah menjadi sebuah tulisan.

STT atau Speech to Text mengidentifikasi ucapan manusia berupa kata atau kalimat dan akan di proses sehingga bisa berubah menjadi sebuah teks. Karena di proses dan di analisa oleh sistem, kejelasan saat mengucapkan kata dan kalimat mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kecocokan.

Jenis STT sendiri ada 2, Independent Speech To Text dan Dependent Speech To Text. Dependent Speech To Text adalah sistem pengenalan ucapan yang tanpa dilatih alias otomatis bisa sendiri. Sedangkan Dependent Speech To Text perlu pelatihan khusus sampai bisa berfungsi secara maksimal.

Di Google Keyboard, banyak bahasa yang sudah mendukung fitur Speech-to-Text ini khususnya bahasa Indonesia. Selain sudah mendukung banyak bahasa sistem juga dapat mendeteksi bahasa yang sedang di gunakan.

Intinya fitur Speech to Text bisa membantu kalian dalam kegiatan mengetik seperti mengetik di Microsoft Word. Untuk bisa menggunakannya di Komputer kalian wajib menginstall aplikasi pendukung serta alat pendukung lainnya.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai Speech-to-Text. Cara mudah mengubah suara lisan menjadi sebuah teks. Banyak para pemilik situs seperti blogger yang menggunakan fitur ini saat menulis artikel di blog mereka.

Pernah mengalami keyboard tidak mau hilang dari layar? kalian bisa baca artikel tentang masalah tersebut. Saya pernah mengalami keyboard yang tidak mau hilang dari layar walaupun sudah selesai di gunakan.


EmoticonEmoticon