3 Penyebab dan Cara Mengatasi Rekam Video Gagal di Kamera HP

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Rekam Video Gagal di Kamera HP

KEPOINDONESIA.id - Kegagalan saat merekam video dengan kamera HP pasti membuat kita menjadi jengkel. Apalagi saat mengabadikan momen tertentu yang tidak akan kita lihat lagi. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas sedikit penyebab kegagalan saat merekam video di HP.

Ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan tidak bisa merekam video. Seperti saat aplikasi kamera tidak bisa dibuka, kalian harus tau penyebabnya supaya kalian bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Banyak jenis kegagalan saat merekam video dengan aplikasi kamera di HP. Sebagai contoh video tidak bersuara, hasil video rusak dan tidak bisa dibuka, atau durasi video maksimal hanya beberapa detik saja.

Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu kegagalan karena peringatan batas limit tercapai yang menyebabkan durasi rekaman video hanya beberapa detik. Saya yakin kalian yang menggunakan HP low end dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit sering mengalami masalah ini.

Karena memang ini berhubungan dengan penyimpanan hasil rekaman video. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya kalian tau bagaimana solusi mengatasi masalah batas limit tercapai di aplikasi Kamera.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti tips mengatasi tidak bisa install kamera Gcam serta cara menghilangkan ikon Alarm di status bar yang tidak mau hilang.

Cara Mengatasi Gagal Merekam Video di Kamera HP


1. Memori Penyimpanan Tidak Cukup


Penyebab pertama dari peringatan batas limit tercapai yaitu karena ruang penyimpanan untuk menyimpan hasil rekaman video tidak cukup. Baik internal memori atau eksternal memori seperti kartu SD.

Jadi untuk masalah ini kalian bisa menghapus beberapa file dan sampah yang tidak berguna supaya ada ruang untuk menyimpan hasil rekaman video. Jika masih tidak ada ruang kalian tidak akan bisa merekam video karena tidak akan bisa menyimpan.

2. Aplikasi Kamera Terlalu Lama Dibuka


Untuk penyebab yang satu ini biasanya menyebabkan hasil rekaman video menjadi rusak atau tidak bersuara. Singkatnya jika kalian belum akan merekam jangan membuka aplikasi kamera karena bisa membuat modul kamera menjadi panas.

Kalian mulai membuka aplikasi kamera jika sudah mau merekam. Selain itu jangan rekam video terlalu lama dalam waktu yang sama karena hasilnya tidak akan bagus. Seperti yang saya katakan tadi ini faktor modul kamera yang bisa panas.

3. Hapus Data Aplikasi Kamera dan Reboot


Terakhir kalian bisa menghapus data dan cache aplikasi kamera jika terindikasi aplikasi kamera yang ada di HP kalian error. Ciri-ciri kamera HP error yaitu tidak bisa dibuka, jika bisa dibuka kemungkinan tidak bisa mengambil foto dan video.

Cara menghapus data dan cache aplikasi kamera silakan kalian buka Pengaturan>Aplikasi>Kamera>Hapus Data. Jika sudah dihapus data tetapi tetap saja error kalian bisa melakukan reboot atau restart perangkat.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi tidak bisa merekam video di kamera HP. Penyebab yang paling sering dialami oleh orang-orang yaitu karena memori penyimpanan penuh dan terlalu lama membuka aplikasi kamera.

Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara mengatur kualitas dan resolusi kamera HP kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan tutorial untuk mengubah resolusi dan aspek rasio kamera.


EmoticonEmoticon