4 Solusi Tidak Bisa Copy File ke HP Dari Komputer

4 Solusi Tidak Bisa Copy File ke HP Dari Komputer

KEPOINDONESIA.id - Memindahkan file ke HP masih sering kita lakukan dengan cara transfer file menggunakan kabel USB. Saya sendiri sudah lama meninggalkan cara ini, dan sekarang lebih suka menggunakan aplikasi SHAREit.

Selain proses transfernya lumayan cepat, kita tidak usah ribet menghubungkan perangkat kita ke Komputer ataupun Laptop. Selain itu cara ini selalu berhasil bahkan tidak pernah gagal sama sekali.

Tetapi jika kita transfer file dengan menggunakan USB, pasti pada beberapa kesempatan cara ini tidak berhasil atau gagal. Masalah tidak bisa copy file ke HP menggunakan kabel USB dari Laptop sering saya alami.

Entah kenapa bisa begitu, proses transfer tidak mau berjalan dan menyebabkan File Explorer menjadi not responding. Sejak saat itu saya lebih suka menggunakan aplikasi SHAREit, karena lebih cepat tanpa ada kegagalan.

Karena sekarang sudah banyak yang menggunakan smartphone seperti Android, cara copy file dari Laptop ke HP atau dari Komputer ke HP akan lebih cepat menggunakan SHAREit, karena kita tidak perlu menggunakan kabel data.

Jika kalian terpaksa transfer file menggunakan kabel data dan tidak berhasil alias gagal, kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Tidak bisa transfer file dari Android ke PC atau sebaliknya adalah permasalahan yang sama.

Namun sebelum lanjut, kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara menghilangkan peringatan penggunaan data seluler dan penyebab kecerahan otomatis tidak berfungsi.

Penyebab Tidak Bisa Transfer File Dari Komputer ke HP


1. Jumlah File Terlalu Banyak


Penyebab pertama yaitu karena jumlah file yang di transfer terlalu banyak. Walaupun total ukuran file yang akan di transfer tidak besar, tetapi jika jumlah file terlalu banyak maka kemungkinan error dan gagal bisa saja terjadi.

Baik dari Komputer ke HP atau dari HP ke Komputer, tidak disarankan melakukan transfer file dalam jumlah yang banyak sekaligus. Lebih baik transfer file dengan ukuran sangat besar tetapi hanya 1 file dari pada ukuran file kecil namun jumlahnya banyak.

2. Ruangan Penyimpanan Tidak Cukup


Ini sering terjadi jika kita ingin mengcopy file atau transfer file dari PC ke HP. Karena ruang penyimpanan di perangkat Android tidak sebesar perangkat Komputer dan Laptop. Maka dari itu kalian cek dulu sisa penyimpanan di HP kalian cukup atau tidak untuk menerima file baru.

3. Kabel Data Jelek


Jika kabel data jelek atau kurang bagus, permasalahan ini akan muncul jika kita transfer dari PC ke HP dan sebaliknya dari HP ke PC juga. Biasanya jika kita tidak menggunakan kabel data original, masalah tidak bisa transfer file paling besar disebabkan karena tidak menggunakan kabel data original atau yang tidak bagus.


4. Memory Card Error


Jika kalian menyalin file dari PC ke SD Card HP bukan ke memori internal masalah seperti ini juga sering terjadi. Jika sudah error, coba lepas terlebih dahulu SD Card yang terpasang di HP kalian, jika sudah pasang lagi.

Jika di hubungkan lagi ke Komputer tidak bisa, kalian bisa menggunakan 2 pilihan. Transfer file dari Komputer ke memori internal bukan ke SD Card atau melakukan transfer file menggunakan aplikasi SHAREit.

Mungkin itu saja beberapa penyebab yang kemungkinan besar memang menjadi penyebab gagalnya transfer file dari PC ke HP dan dari HP ke PC. Saran saya karena sudah ada SHAREit, lebih praktis dan simple menggunakan SHAREit saja.

Jika kalian tidak tau lokasi penyimpanan SHAREit di PC, kalian bisa baca letak lokasi penyimpanan file SHAREit di Komputer. Karena letaknya berbeda tidak seperti di HP. Sedangkan cara untuk merubah lokasi penyimpanan SHAREit juga sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon