3 Cara Mengatasi Aplikasi Adzan Tidak Berbunyi Pada Waktunya

Cara Mengatasi Aplikasi Adzan Tidak Berbunyi Pada Waktunya

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi Adzan menjadi salah satu aplikasi yang paling diminati oleh umat muslim. Banyak umat muslim yang menginstall aplikasi ini supaya dapat mengetahui waktu sholat secara tepat waktu. Karena jika sudah waktunya, aplikasi seperti ini bisa berbunyi sendiri.

Untuk aplikasi-aplikasi yang bisa kalian gunakan, kalian bisa mencari sendiri sesuai kebutuhan kalian masing-masing. Salah satu aplikasi yang paling populer yaitu Muslim Pro dan Umma.

Apapun aplikasi yang kalian install, jika tidak berbunyi ya percuma saja. Maka dari itu kali ini saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi aplikasi Adzan yang tidak berbunyi baik di Android ataupun iOS.

Jika kalian sudah mengatur jadwal sholat namun aplikasi tersebut tidak berfungsi dan adzan tidak berbunyi pada waktunya, pasti ada kesalahan yang mungkin kalian lupakan. Sebenarnya ini sering terjadi. Misalnya notifikasi dari WhatsApp yang tidak masuk, ini masalah yang hampir serupa.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Semoga jika kalian sudah mencoba beberapa cara dan solusi yang akan saya jelaskan, aplikasi Adzan apapun yang kalian install akan berbunyi supaya dapat memberitahu kalian jika sudah masuk waktunya sholat.

Namun sebelum itu kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin juga berguna. Seperti solusi flash di kamera tidak mau nyala padahal sudah aktif dan cara mengatasi kecerahan otomatis yang tidak berfungsi.

Penyebab Aplikasi Adzan tidak Berbunyi


1. Pastikan di Profil Umum atau Suara


Penyebab pertama ini yang menurut saya penyebab utama kenapa aplikasi Adzan tidak berbunyi. Seperti yang kita ketahui, semua notifikasi dari sistem dan aplikasi akan mengikuti pengaturan profil yang sudah kita terapkan.

Jika kalian mengaktifkan profil Getar atau Sunyi, maka jika waktunya aplikasi Adzan berbunyi maka tidak akan ada suara, karena profil yang sedang aktif adalah diam atau getar. Oleh sebab itu pastikan profil pada perangkat kalian ada di Suara atau Umum.

2. Aplikasi Terhenti


Bagi pengguna Android yang memiliki predikat killer app tingkat tinggi, ini bisa saja terjadi. Seharusnya aplikasi Adzan berjalan namun di tutup paksa oleh sistem yang menyebabkan aplikasi tidak berfungsi karena tidak berjalan.

Jika aplikasi tidak berjalan namun profil perangkat kalian sudah di suara atau umum, ya percuma saja. Rata-rata masalah ini ada di ponsel Xiaomi, karena di MIUI ada fitur penutup aplikasi secara paksa.

3. Pengaturan Salah


Untuk penyebab yang terakhir beda aplikasi adzan pasti beda pengaturan. Maka dari itu kalian test terlebih dahulu dengan cara mengatur aplikasi tersebut pada waktu 15 menit sebelum waktu sholat.

Cara ini supaya kita tau apakah pengaturan kita sudah tepat atau belum. Jika kalian mengatur tanpa mengetest terlebih dahulu kemungkinan ada salah pengaturan sangat bisa terjadi.

Nah itu dia beberapa penyebab kenapa suara pada di aplikasi Adzan tidak berbunyi. Untuk aplikasi yang terhenti, selain dari sistem kalian juga perlu melihat di pengaturan baterai apakah ada fitur yang bisa mencegah atau menutup aplikasi atau tidak.

Bagi pengguna ponsel Samsung dan Stock Android, saya rasa masalah seperti ini tidak akan muncul. Karena di Samsung dan Stock Android tidak memiliki fitur killer app yang bisa menghentikan aplikasi secara paksa.

Selain itu jika kalian ingin tau kenapa layar ponsel tidak mati saat menerima telepon, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan fungsi dan kenapa layar ponsel seharusnya mati sendiri saat menerima telepon.


EmoticonEmoticon