Senin, 17 September 2018

Nasi Ayam Hainan : Cita rasa ayam Tradisi masakan Hainan

Nasi Ayam Hainan

KEPOINDONESIA.id - Nasi ayam Hainan merupakan masakan khas Tionghoa. Namun masakan ini juga terkenal di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand serta wilayah Hainan dan China. Nasi ayam ini dinamakan nasi ayam Hainan karena berasal dari tradisi seni memasak wilayah Hainan.

Untuk wilayah Malaysia dan Singapura, nasi ayam Hainan menggabungkan unsur masakan Hainan dan Kanton dengan tambahan cita rasa Asia Tenggara.

Penduduk Hainan sendiri lebih suka ayam yang matang dan gemuk supaya jumlah minyak yang disarikan semakin banyak. Dengan jumlah minyak yang disarikan banyak, maka cita rasanya akan semakin kuat.

Daging ayam dimasak dengan cara tradisional Hainan yaitu dengan merebus seluruh ayam dengan kaldu tulang ayam dengan menggunakan air rebusan dengan banyak dan menambahkan air biasa jika perlu.

Nasi ayam Hainan sering disajikan bersama saus cabai, bubuk jahe dan saus tiram. Sedangkan di wilayah Singapura senang dengan saus cabai yang lebih pedas dengan saus kecap pekat jika saus cabai terlalu pedas.


EmoticonEmoticon