Selasa, 21 Agustus 2018

Manisan Buah : Makanan penambah napsu makan yang enak

Manisan Buah

KEPOINDONESIA.id - Manisan Buah merupakan jenis manisan dari buah - buahan yang direndam dalam larutan gula. Manisan ini biasanya digunakan sebagai penambah napsu makan karena rasanya yang manis dan enak.

Proses pemanisan ini merupakan sebuah cara untuk mengawetkan makanan yang sudah dari dulu dilakukan oleh nenek moyang kita. Dalam proses perendamannya kadar gula di dalam bahan yang dibuat manisan akan meningkat, sedangkan kadar air nya akan turun.

Proses pemanisan ini sering kali dilakukan saat panen buah - buahan yang meningkat. Untuk menghindari buah yang busuk maka buah tersebut di jadikan manisan.

Manisan sendiri ada beberapa jenis, yaitu :

Manisan Basah

Manisan ini memiliki kandungan air yang lebih banyak. Contoh buah yang dibuat manisan basah yaitu : Kolang kaling, Mangga, Kedondong, Salak , Nangka, dan masih banyak yang lain.

Manisan Kering

Manisan ini dibuat dengan proses penjemuran sampe kering setelah di tiriskan dari larutan gula. Contoh buah yang dibuat manisan kering yaitu : Asam Jawa, Jambu Mete, Semangkan, dan beberapa jenis lainnya Karena Manisan memiliki kadar gula yang tinggi, jadi jika memakannya janganlah berlebihan. Gunakan Manisan sebagai cemilan ringan atau penambah napsu makan.


EmoticonEmoticon